smoot slider

  • Selamat ulang tahun, MP!

    Selamat ulang tahun, MP!

    HUT ke-8 Mall Pekanbaru

    Untuk memeriahkan Hari Jadi Mall Pekanbaru yang ke-8. Akan menggelar " Riau Design Blog Competition ". pada tangal 16 sampai dengan tanggal 23 oktober 2011. Dalam acara ini... Selengkapnya->

  • Hari Kesaktian Pancasila

    Memperingati Hari Kesaktian Pancasila:"Presiden Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila"

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono serta Wapres Boediono dan Ibu Herawati menghadiri peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu (1/10) pagi. Selaku inspektur upacara...Selengkapnya->

  • HUT Telkom Indonesia

    HUT Telkom Indonesia:"155 tahun berdiri kokoh"

    Memperingati hari ulang tahun Telkom Indonesia ke-155 “Semangat garuda yang tak pernah lekang, tak pernah luntur , tak pernah luput. Akan tetap melaju, terus melaju, walau jurang berbadai didepan mata, tak gentar, karena kami tak akan pernah gentar. karena kami merah dan putih, karena kami garuda, karena kami... INDONESIA...”Selengkapnya->

  • Hari Sumpah Pemuda

    Memperingati Hari SUmpah Pemuda 28 oktober:"Saatnya bangkit, wahai pemuda pemudi indonesia!"

    SEKITAR 82 tahun silam, ketika gempuran senjata masih begitu kental terasa, para pemuda maju ke garda depan sambil membusungkan dada untuk mempertahankan harga diri bangsa...Selengkapnya->

  • [EVENT]

    [EVENT]Telkom dan MP Adakan Lomba Design Blog untuk Pelajar Riau

    Untuk melakukan kesenjangan pengetahuan tentang information, communication dan technology (ICT) yang berbasis teknologi digital di kalangan pelajar di Provinsi Riau, PT Telkom Wilayah Daratan bekerja sama dengan Mal Pekanbaru (MP) melakukan Lomba Design Blog untuk tingkat SMA dan SMP se-Provinsi Riau...Selengkapnya->

Sejarah Telkom

TELKOM INDONESIA


Memperingati hari ulang tahun Telkom Indonesia ke-155

“Semangat garuda yang tak pernah lekang, tak pernah luntur , tak pernah luput. Akan tetap melaju, terus melaju, walau jurang berbadai didepan mata, tak gentar, karena kami tak akan pernah gentar. karena kami merah dan putih, karena kami garuda, karena kami... INDONESIA...”


Tahun 1975 merupakan awal perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di Indonesia. Di bawah subdivisi Elnusa GTDI dari anak perusahaan Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon Telkom Yellow Pages.
Perkembangan yang tercatat selanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa Yellow Pages di tahun 1984 yang berubah nama di tahun 1995 menjadi PT Infomedia Nusantara pada saat PT Telkom Tbk menanamkan investasi. Untuk mendukung implementasi Good Coorporate Governance dalam setiap aspek kegiatan perusahaan, Infomedia telah mengeluarkan kebijakan pedoman tata kelola perusahaan di tahun 2008.
Pada tanggal 30 Juni 2009 PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui PT Multimedia Nusantara (Metra), anak perusahaan yang 99,99% milik Telkom (selanjutnya disebut Telkom Group) telah menandatangani Shares Sales & Purchase Agreement (SPA) untuk membeli 49% saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) milik PT Elnusa Tbk (Elnusa), sehingga 100% saham PT Infomedia Nusantara telah dimiliki oleh Telkom Group.

Saat ini, Infomedia, sesuai dengan visinya menjadi penyedia jasa layanan informasi yang utama dikawasan regional telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan mengoptimalkan kompetensi untuk mengambil opportunity dalam pengembangan bisnis kedepan melalui transformasi bisnis dari 3 Pilar Bisnis ( Layanan Direktori, Layanan Contact Center dan Layanan Konten ) menuju Layanan Outsourcing atau Business Process Outsourcing ( BPO ) dan Layanan Konten Digital atau Digital Rich Content ( DRC ).

Layanan Outsourcing atau Business Process Outsourcing (BPO) didefinisikan sebagai  bisnis penyediaan jasa alih-daya (outsourcing) oleh pihak ketiga bagi perusahaan untuk satu atau beberapa fungsi bisnis dalam jangka panjang (multi year contract). Bisnis Layanan Outsourcing (BPO) yang telah dijalani Infomedia saat ini berbasis layanan voice yaitu Layanan Contact Center baik untuk inbound maupun outbound dan non voice seperti direct mail dan web development. Namun saat iniInfomedia telah membagi bisnis Layanan Outsourcing (BPO) kedepannya dalam empat kelompok berdasarkan basis layanan yaitu: Contact Center Services, HR Services, IT Services dan Direct Mail.

Sedangkan pengembangan bisnis Layanan Konten Digital (DRC) didasarkan oleh semakin berkembangnya kebutuhan informasi yang semakin cepat dan mobile, perubahan gaya hidup   dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Infomedia membagi bisnis DRC dalam 3 bagian, yaitu; printed (Yellow Pages, White Pages & Special Directory ) , mobile (mobile application, SMS)dan online (online ad, e-commerce, membership).
Keseluruhan produk dan layanan Infomedia merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan solusi layanan informasi dan komunikasi yang prima bagi customer dan masyarakat di Indonesia




Riwayat PT.Telkom Indonesia

1882 sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk pada masa pemerintahan kolonial Belanda.
1906 Pemerintah Kolonial Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon (Post, Telegraph en Telephone Dienst/PTT).
1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat, lepas dari pemerintahan Jepang.
1961 Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).
1965 PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro), dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.
1980 PT Indonesian Satellite Corporation (Indosat) didirikan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel.
1989 Undang-undang nomor 3/1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.
1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no.25 tahun 1991.
1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering/IPO) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing/POWL) di Tokyo Stock Exchange.
1996 Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra – dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten – dengan mitra PT Aria West International (AriaWest); Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta – dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan – dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia – dengan mitra PT Bukaka Singtel.
1999 Undang-undang nomor 36/1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.
2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32% saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam laporan keuangan TELKOM.
2002 TELKOM membeli seluruh saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30 September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual 12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

Sejarah Perusahaan

1997 
  PT Multimedia Nusantara (Metra) didirikan di Jakarta, Indonesia pada tanggal 28 Mei 1997; bisnis utama pada Pay TV sampai 2007 yang dialihkan ke Indonusa

2003 
   Diambil alih 100% sepenuhnya oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) pada bulan Mei 2003
2004
    Mengelola bisnis kartu prabayar berbasis switch sejak 1 Januari 2004 sampai akhir 2008. Mengelola kartu prabayar berbasis VOIP sebagai reseller dari Telkom sejak 1 Maret 2004

2005 
   Mengelola bisnis data komunikasi  (VSAT) sejak Mei 2005

2006 
  Bersama dengan PT Mekar Prana Indah (MPI) mendirikan PT Finnet dengan 60% dimiliki Metra

2008 
  Mendapat setoran modal dari Telkom sebesar hampir Rp 420 milyar. Mengakuisisi 80% saham PT Sigma Cipta Caraka (Sigma) pada Februari 2008. Membeli 1,25% saham PT Indonusa Telemedia (Telkomvision) pada Juli 2008.Mendirikan strategic business unit, MetraSat, untuk mengelola bisnis VSAT.


2009 
  Mendirikan perusahaan di bidang portal, PT Metra-net pada Mei 2009. Mengakuisisi 49% saham di PT Infomedia Nusantara (“Infomedia”) pada Juni 2009.  Mengelola berbagai portofolio pada adjacent industry telekomunikasi sebagai strategic guidance holding company. Dengan memposisikan diri sebagai perusahaan multimedia terkemuka di Indonesia saat ini, Metra telah menjadi salah satu pilar bisnis di TelkomGroup.


Visi Dan Misi PT.Telkom Indonesia

Visi
Menjadi perusahaan multimedia terkemuka di Indonesia       

Misi
·        Memaksimalkan “Nilai Perusahaan” melalui ekspansi dan pengembangan portofolio usaha di bidang adjacent industries telekomunikasi
·        Menjadi perusahaan holding strategis demi pertumbuhan tinggi dan sinergi melalui anak-anak perusahaan dan unit bisnis strategis
·        Menjadi kontributor pendapatan yang utama bagi pemegang saham
Tujuan
·        Menjadi perusahaan dengan pendapatan senilai Rp10 trilyun pada tahun 2015
·        Memberikan jasa dengan kualitas prima kepada para pelanggan
·        Menjadi panutan bagi perusahaan-perusahaan multimedia di Indonesia